Resep Soto Ayam Lamongan Spesial

Resep Soto Ayam - Soto merupakan makanan khas nusantara yang sangat populer sekali di Indonesia. Banyak berbagai tempat makan yang menyediakan soto ayam sebagai menu utamanya. Makanan ini juga sangat mudah ditemukan.

Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam Lamongan


Soto yang sangat khas dengan rasanya yang nikmat dan banyak digemari oleh banyak orang yakni soto ayam khas lamongan. Lamongan, Jawa Timur terkenal dengan makanan tradisionalnya yang khas dengan rasanya yang gurih.

Membuat soto ayam lamongan tidak begitu sulit, cukup mengikuti resep dan panduan membuatnya dengan baik dan benar, berikut ini merupakan resep soto ayam yang bisa Anda coba dirumah.

Resep Soto Ayam Lamongan

Resep Soto Ayam


Bahan-bahan :

Ayam1/2 ekor
Merica (Lada)1 sdt
Ketumbar1 sdm
Garamsecukupnya
Lengkuas1 ruas
Serai2 batang
Daun jeruk10 lembar
Daun salam5 lembar
Daun bawang2 batang
Minyak gorengsecukupnya
Air2 liter

Bumbu halus :

Bawang merah3 siung
Bawang putih3 siung
Jahe3 cm
Kunyit1 cm
Kemiri4 butir

Bahan pelengkap :

Togesecukupnya
Seledrisecukupnya
Daun kubis/kolsecukupnya
Jeruk nipis1 buah
Telur ayam4 butir

Bahan sambal :

Cabai rawit merah8 buah (sesuai selera)
Bawah putih1 siung

Cara membuat :
  1. Pertama-tama, potong dan bersihkan ayam. Lalu, masukkan garam, merica (lada), dan ketumbar yang telah dihaluskan. Ungkep ayam hingga daging empuk dan aroma bumbu hingga meresap.
  2. Sambil menunggu ayam, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan kemiri. Lalu tumis hingga beraroma sedap.
  3. Jika tumisan telah wangi, bisa masukkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, dan daun bawang. Masak hingga matang.
  4. Setelah itu, angkat atau pisahkan ayam dan goreng ayam dengan minyak yang telah dipanaskan hingga berwarna kecoklatan.
  5. Sajikan kuah soto bersama ayam yang telah di suwir-suwir, pelengkap dan sambal.
  6. Untuk sambalnya, rebus cabai rawit merah dan bawang putih hingga layu. Lalu, tambahkan garam secukupnya dan haluskan.
  7. Soto ayam lamongan sudah siap dihidangkan.

f 0 comments